Simulasi Pembuatan Jaringan Dengan Packet Tracer

0

Software Packet Tracer adalah software yang digunakan untuk keperluan simulasi jaringan dan visualisasi jaringan.Simulasi jaringan sangat berguna dalam membantu setiap praktisi jaringan dalam mendesain sebuah topologi jaringan serta simulasi jaringan lainnya.Sangat hemat daripada harus membeli persiapan dan peralatannya terlebih dahulu tanpa mencoba melakukan simulasi sebelumnya.Software ini bisa sebagai media pembelajaran, pelatihan dan juga penelitian simulasi jaringan komputer.

Kalian bisa mendownload software ini langsung di website resminya.Setelah mendownload kalian juga bisa mengikuti training onlinenya atau bisa mencari tutorial cara penggunaan di internet yang sangat lengkap juga.

Sebelum menggunakan software packet tracer ini sangat disarankan user untuk memahami istilah – istilah jaringan komputer dan cara konfigurasinya seperti ip address,  roouter, switch, kabel – kabel yang digunakan pada jaringan, macam – macam topologi jaringan, hingga cara mengetest perangkat jaringan yang terhubung dengan ping.

Tampilan Packet Tracer yang sangat user – friendly akan memudahkan kalian untuk mendesain jaringan yang diinginkan dengan cepat dan konfigurasi juga sangat mudah pengoperasiannya.Berikut contoh – contoh desain jaringan dengan software packet tracer ini.

1. Peer 2 Peer

http://www.aneiqbal.com/2013/08/membuat-jaringan-peer-to-peer-dengan.html

2. Client – Server

http://www.aneiqbal.com/2013/09/membuat-jaringan-client-server-dengan.html

3.  Jaringan Wifi

http://www.unlimitechno.com/2014/05/cara-membuat-jaringan-wifi-sederhana-menggunakan-cisco-packet-tracer.html

Sangat banyak teknik dan cara mendesain jaringan dengan menggunakan software packet tracer ini.Tentunya kita bisa mendesain sesuai dengan keperluan dan kebutuhan jaringan yang ingin di desain.

Berikut referensi yang bisa kalian gunakan untuk cara menggunakan packet tracer :

http://dosen.univpancasila.ac.id/dosenfile/4696211007136970791128May2013.pdf

http://elista.akprind.ac.id/staff/catur/JarkomLanjut/Modul%20Packet%20Tracer.pdf

Semoga bermanfaat.. Selamat mendesain jaringan !

LEAVE A REPLY