Memanfaatkan Log File Untuk Melacak Error Dengan Mudah

0

Ketika mendengar error, pastilah kita mengetahui ada fungsi yang bermasalah ketika program berjalan.Programmer yang sudah membuat aplikasi biasanya sudah membuat fasilitas error tracking dengan membuat log activity yang berisi aktivitas – aktivitas selama program berjalan seperti informasi, warning, hingga error yang fatal.Dengan adanya log file ini, dengan mudah user dappat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi yang membuat fungsi tersebut tidak berjalan.

Tidak harus melihat log file, bisa jadi ketika error pesan langsung ditampilkan dalam bentuk notifikasi atau dialog box.Contohnya bisa saja ketika program desktop, website maupun berbasiskan mobile seperti android menampilkan pesan errornya.

Pada artikel ini akan membahas bagaimana cara mudah mengatasi masalah aplikasi ketika tidak berjalan dengan normal dengan memanfaatkan informasi yang terdapat dalam log file.

Berikut contoh pesan error yang langsung ditampilkan kepada user

Error Saat Aplikasi Berjalan Pada Android
Error Pada Aplikasi Desktop
Kode Error Pada Website

Pesan error yang ditampilkan kepada user biasanya berbeda dengan pesan yang ditujukan langsung oleh programmer aplikasi.Pesan error untuk user ditujukan untuk mengetahui ada proses yang tidak berjalan dengan baik ( human friendly ) dan pesan error untuk programmer untuk mengetahui penyebab error dari aplikasi tersebut.

Untuk contoh kasus sangat banyak dan saya ambil contoh pada web server lampp.Berikut contoh pesan error untuk programmer yang sangat bermanfaat dalam pelacakan error .

Tips dari saya adalah manfaatkan log file atau notifikasi error ketika ingin membetulkan bug dari sebuah aplikasi.Mungkin ada pertanyaan, bagaimana cara mencari log filenya dalam program yang digunakan ?

Jika dalam kasus web server tadi ada file yang bernama error_log untuk menyimpan segala pesan kesalahan dalam aplikasi.

Untuk kasus lain, kita bisa searching dengan kata kunci error log [nama aplikasi] location untuk menemukan lokasi dari log file.

Jadi, dengan memanfaatkan log file atau notifikasi error akan sangat membantu dalam melakukan pelacakan error pada aplikasi terlebih jika kita sedang mengembangkan suatu aplikasi.

Sebagai informasi, pembagian error pada program ada 3 yang dikutip dari mandalamaya :

Jenis-Jenis Error Pada Komputer

Secara garis besar Error pada komputer terbagi kepada tiga macam yaitu, logical error, sintax error dan runtime error.

1. Logical Error

Logical Error adalah kesalahan pada komputer yang diakibatkan oleh kesalahan logika pemrograman, sehingga hasil atau output tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Efek dari Logical Error tidak akan menghambat pada proses, namun komputer akan berjalan tidak sebagaimana seharusnya.

2. Sintax Error

Sintax Error adalah ketidaktepatan dalam penulisan perintah yang berbentuk tata bahasa yang tidak benar. Apabila kesalahan ini terjadi, proses tidak akan selesai atau proses tidak akan sesuai dengan keinginan selama kesalahan pada penulisan sintax tidak dibenarkan.

3. Runtime Error

Runtime Error adalah kesalahan yang terjadi ketika program sedang berjalan. Apabila kesalahan ini terjadi maka aplikasi atau sistem operasi akan otomatis berhenti diproses atau dijalankan.

Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY