Keuntungan Menggunakan VPS ( Virtual Private Server )

2

VPS sebagai server yang bebas kita atur sendiri, apalagi jika kita menggunakan unmanaged server yang bisa Anda coba menggunakan digitalocean atau vultr.

Saat menggunakan VPS, anggap saja Anda menginstall komputer Anda dari awal instalasi sistem operasinya hingga penginstallan software – software yang diperlukan untuk server.Misalnya, Anda ingin menggunakan VPS untuk web server tentu saja Anda akan menginstall web server seperti Apache & pendukung – pendukungnya ( dari database, bahasa pemrograman server, dll ).

Saat menggunakan VPS sebenarnya yang sangat menonjol adalah fleksibelitas yang ditawarkannya.Kenapa ? karena Anda benar – benar bebas mengkonfigurasinya.Adapun keuntungan – keuntungan lain saat menggunakan VPS yaitu memiliki hak akses penuh terhadap admin website, bebas manajemen server, dan banyak keunggulan yang dapat dirasakan saat menggunakan VPS ini.

Memang bebas saat melakukan pengaturan – pengaturan yang ada di VPS, tetapi sangat tidak cocok jika digunakan untuk pemula, kenapa ? penginstalan tergolong rumit, walaupun digitalocean sudah menyedikana one – click install App, tetapi jika diperlukan setting – settingan lainnya, kita perlu mengeksplorasinya sendiri.Jadi, jika Anda mengalami masalah pada VPS Anda, Anda sendirilah yang bertanggung jawab terhadap server Anda.Tidak ada bantuan langsung dari pihak VPS Provider Anda.Ini hanya terjadi saat Anda menggunakan Unmanaged Server.Lain cerita jika Anda menggunakan Managed Server yang ditawarkan juga oleh Dewaweb.

Apakah VPS penting untuk Anda ? Penting tidak penting VPS sangat ditentukan oleh kebutuhan Anda sekarang.Jika Anda berniat untuk melakukan pengaturan – pengaturan tingkat lanjut mengenai server terlebih Anda bagian administrasi jaringan yang servernya perlu konfigurasi khusus tentu VPS akan cocok untuk Anda apalagi Anda berniat melakukan penjualan hosting / reseller hosting Anda bisa menggunakan VPS sebagai pondasinya.Tetapi jika sekedar blogging, sebetulnya tidak perlu menggunakan VPS.Tapi sangat mungkin jika Anda ingin menggunakan VPS hanya untuk blog.Memang murah & mendapatkan banyak disk space saat menggunakan VPS umanaged yang ditawarkan  digitalocean .Tetapi yang perlu diingat, saat menggunakan VPS unmanaged yang tergolong murah ini, Anda benar – benar bertanggung jawab 100% dengan server Anda, termasuk backup website yang diperlukan sewaktu – waktu dan update software berkala serta pemeliharaan server secara rutin, Anda yang mengaturnya.Tentu ini memakan waktu banyak jika Anda hanya melakukan aktivitas blogging tetapi menggunakan VPS karena Anda perlu terus mengawasi server Anda.

Tidak selamanya VPS menakutkan diawal, Anda bisa mempelajarinya dengan digitalocean yang dokumentasinya sangat lengkap karena memang kontributor penulisnya yang banyak ditambah lagi referensi – referensi lain yang sangat banyak bertebaran diinternet

Jadi, bagaimana ? apakah Anda penasaran dengan kekuatan VPS yang luar biasa.Anda bisa baca referensi lebih lanjut di blog berikut :

LEAVE A REPLY