Pengalaman Hackathon Informatics Competition UAD

0

Tidak ada rencana untuk mengikuti lomba ini sebelumnya dan saya tertarik ketika ada salah satu teman mahasiswa men-share informasi ini di suatu grup mahasiswa tentang lomba ini.Saya pun tertarik mengikuti kompetisi ini.Setelah beberapa hari berpikir untuk mengambil keputusan jadi daftar atau tidaknya.Pada akhirnya, saya mendaftarkan diri di lomba ini.

Dengan kriteria pendaftaran lomba :
– Umum
– Tim : maks 3 orang
– Biaya pendaftan 75k

Persiapan pun dimulai dari konsep rancangan aplikasi serta resource lain yang saya perlukan untuk pembuatan aplikasi mulai saya siapkan.Oh iya, tema aplikasi pada Hackathon ini bertemakan budaya.Sekitar seminggu saya siapkan untuk pembuatan aplikasi ini.Jauh – jauh hari saya juga konfirmasi kepada panitia apakah boleh memakai framework, library, dll.Sekedar informasi merancang konsep memang agak membingungkan bagi saya karena sempat saya mempunyai 3 konsep ide untuk aplikasi budaya ini dan saya harus segera memutuskan untuk memilih salah satunya.

Oke dan akhirnya dimulai perlombaannya di Jogja Digital Valley, berikut rundown acaranya :

Rundown & List Kegiatan

  1. Kegiatan Lomba Dimulai Pukul 07.30
  2. Registrasi Peserta
  3. Pembukaan & Sambutan
  4. Penjelasan & Informasi
  5. Coding
  6. Presentasi & Penilaian
  7. ISHOMA (istirahat sholat makan)
  8. Pengumuman Pemenang Pukul 18.10 (Hari – 2)

Saat mulai lomba saya juga membagi tugas dengan kakak saya sebagai penasihat aplikasi & pengisi konten ( website & video presentasi ).Satu dua jam pun berlalu hingga sore dan akhirnya pada malam hari saya harus tetap melakukan pembuatan aplikasi budaya ini.Tentu di lomba Hackathon boleh istirahat kapan saja jadi tidak non-stop koding selama 30+ Jam.

Oke, waktu presentasi pun tiba ada 2 juri yang ahli dibidang desain dan programming.Saya pun mendemokan aplikasi yang telah dibuat.Pembahasan dari pengenalan aplikasi, penggunaan, user interface, pembagian pengguna, hingga demo aplikasi web.

Sangat seru dan sangat senang juga bisa meraih juara di lomba Hackathon ini dan saya akan sharing kepada kalian mengenai persiapan hingga pembuatan aplikasi ini berikut daftarnya :

  1. Cari referensi mengenai Hackathon
    Sangat penting bagi Anda yang belum pernah mendengar hackathon, bisa mencari referensi dahulu tentang kompetisi yang satu ini.
  2. Siapkan konsep sesuai budaya
    Dari tema yang sudah ditentukan panitia, apa ide yang akan Anda buat.
  3. Siapkan rancangan aplikasi ( desain database dan UI )
    Sudah tahu konsepnya bisa lanjut ke rancangan aplikasi bisa database dan User Interfacenya
  4. Mulai pembuatan aplikasi ( opsional )
    Mulai coding sebagian program sebelum hari – H lomba ( ini diperbolehkan di lomba Hackathon yang saya ikuti, bisa saja berbeda peraturannya )
  5. Pengisian konten
    Mulai pengisian konten pada aplikasi yang ingin dibuat
  6. Test aplikasi
    Testing aplikasi dari fitur – fitur unggulan yang sudah dibuat
  7. Pembuatan presentasi produk aplikasi
    Dan yang terakhir adalah cara mempresentasikan aplikasi yang sudah dibuat.Tentu ini sangat penting supaya juri dan audiens mengetahui apa yang sebenarnya kita buat.

Tentu masih banyak tips lainnya yang perlu diketahui dan pasti sangat membantu saat mengikuti lomba ini.

Sebagai penutup, mengikuti lomba sangat mengaysikkan dan ini bukan tentang menang dan kalah melainkan pengalaman yang sangat berharga dan mendapat relasi baru ! banyak bertemu teman baru dan relasi dengan juri sangat membantu untuk berkembang menjadi developer yang lebih baik tentunya.

Semoga bermanfaat !

Info Lomba : http://hm.tif.uad.ac.id/informatics-competition/

Panduan Hackathon lebih lengkap : 

https://www.thecodeship.com/general/hackathon-toolbox-essential-tools-practices/

https://hackathon.guide/

LEAVE A REPLY